Selasa, 31 Mei 2011

ARM Bidik 50 Persen Pangsa Pasar Chip Mobile

Sejak smartphone dan tablet berkembang pesat, pangsa pasar chip berbasis ARM semakin tinggi. Bahkan, perusahaan yang bermarkas di Inggris itu optimistis bisa menguasai 50 pangsa pasar dalam lima tahun ke depan.
Presiden ARM Tudor Brown mengatakan, chip buatannya akan menguasai 50 persen pasar perangkat komputer mobile pada 2015. Menurutnya, prosesor berbasis ARM terus meningkat volume produksinya bahkan diperkirakan hingga 150 miliar unit pada 2020.
"Hari ini, kami menguasai sekitar 10 persen pangsa pasar. Pada akhir tahun 2011 kami yakin bisa menguasai 15 persen pasar seiring tumbuhnya tablet," ujar Tudor Brown, di sela-sela pameran akbar Computex 2011 di Taipei, Taiwan, yang digelar mulai Selasa (31/5/2011) hari ini dilansir situs web TG Daily.
Bahkan, ARM percaya diri untuk masuk ke parangkat berbasis Windows yang kini dikuasai Intel. Brown mengatakan, ARM akan mulai menawarkan royalti untuk embuat chip perangkat komputer dan tablet berbasis Windows mulai tahun 2012.
"Kalau ada potensi mengubah permainan, pasti terbuka untuk Microsoft. Bahkan, terbuka untuk pasar lebih besar dan membuatnya menjadi sistem operasi yang valid dan cocok untuk TV dan elektronika di otomotif," ujarnya.
Sejumlah analis dan industriawan memang telah menabuh genderang untuk memasuki era yang disebutnya post-PC atau pasca-PC. Munculnya smartphone dan tablet yang membawa pengalaman sekelas komputer ke perangkat mobile salah satu wujudnya. Komputer juga telah mulai terintegrasi ke TV bahkan mobil. 
Computex 2011 pun mengangkat tema pasca-PC menjadi fokus tahun ini. Banyak pimpinan perusahaan teknologi dan pengamat yang berbagi pemikiran mengenai tren tersebut di sela-sela pameran 31 Mei hingga 4 Juni 2011 di Taipei, Taiwan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar