Senin, 23 Mei 2011

Honda Gunakan Baterai Li-ion untuk Civic Hibrida



Honda akhirnya membeberkan baterai Lithium-ion (Li-ion) yang digunakan pada Civic hibrida yang baru saja diluncurkan di Amerika Serikat pada awal bulan ini. Menurut technon.nikkeibp.com, baterai baru ini ukuran atau volumenya lebih ringan dibandingkan dengan Nickel-Metal Hydride (Ni-MH) yang digunakan pada mobil Civic hibrida sebelumnya. 
 
Lengkapnya, lebih ringan 20 persen (22 kg) dan lebih kecil 36 persen (16 liter). Spesifikasi itu langsung diumumkan oleh Tomohiko Kawanabe, Presiden Honda R&D Co Ltd, di EVTeC11, konferensi akademis teknologi mobil listrik yang diselenggarakan oleh The Society of Automotive Engineers of Japan (JSAE) pada 17 sampai 19 Mei di Yokohama, Jepang. 

Sel baterai Li-ion yang digunakan dibuat oleh Blue Energy Co Ltd, perusahaan patungan Honda dengan GS Yuasa Corp. Dengan tegangan setiap sel 3,6 volt, kapasitas arus 4,7 Ah, dan berat 28 gram.
Dengan 40 sel digunakan pada mobil hibrida, total kapasitas tenaga mencapai 676,8 Wh, tegangan 144 V, dan densitas energi 60 Wh/kg.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar