Selasa, 31 Mei 2011

Siswa Tegang, tapi Optimistis....


Menurut pantauan Kompas.com ke beberapa lokasi di DKI Jakarta, pelaksanaan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis hari pertama, Selasa (31/5/2011), berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala berarti.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 24 Jakarta Rita Hastuti mengatakan, ujian tertulis di hari pertama SNMPTN adalah tes bidang studi dasar dan tes potensi akademik. Tes bidang studi dasar meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

"Semua berjalan lancar, tidak ada yang telat dan kartu ujian peserta juga tidak ada masalah," kata Rita kepada Kompas.com, Selasa (31/5/2011) siang di Jakarta. Secara terpisah, meski mengaku tegang dan sulit menjawab soal ujian, para siswa ternyata masih tetap optimistis dapat lulus SNMPTN dan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) yang dipilihnya.

"Tegang itu pasti, saya rasa peserta lainnya juga begitu. Soalnya lumayan sulit, tapi saya optimistis dan berdoa supaya lulus," kata Muhammad Haikal, siswa SMAN 78 yang mengikuti ujian tertulis di SMAN 24.
Sementara itu, Selly Oktaviana, salah satu siswa SMAN 49 Jagakarsa yang mengikuti ujian tertulis di SMAN 82, mengaku sangat siap mengikuti SNMPTN jalur ujian tertulis ini.

"Saya sudah melakukan persiapan sejak dua minggu lalu. Sebelumnya saya ikut jalur undangan, tapi tidak lulus. Mudah-mudahan ikut ujian tertulis bisa masuk," kata Selly. Adapun untuk pendaftaran jalur ujian tertulis, Selly mengaku tak mendapat kesulitan. Karena menggunakan sistem online, peserta hanya membeli PIN yang dibayarkan melalui bank. Setelah itu, ia mengisi formulir yang telah disediakan secara online.

"Langkahnya cukup mudah, kita beli PIN, kemudian bayar ke bank. Setelah itu mengisi formulir, baru mendapatkan nomor undangan SNMPTN atau kode pendaftaran," ujar calon mahasiswa yang memilih Program Studi Sistem Informatika di Universitas Indonesia dan Ilmu Statistik di IPB ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar