Senin, 13 Juni 2011

Pakai Nama iCloud, Apple Digugat


Pengunaan merek iCloud oleh Apple untuk layanan berbasis cloud terbarunya ternyata berbuntut masalah. Nama tersebut sudah lebih dulu digunakan iCloud Communications, sebuah perusahaan di Arizona, AS yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Perusahaan tersebut pun mengajukan gugatan terhadap Apple ke pengadilan. Nama iCloud telah digunakan perusahaan itu untuk menamai model pengiriman data komputer dan elektronik jauh-jauh hari sebelum Apple menggunakannya mulai 6 Juni 2011 lalu.

iCloud Communications merasa dirugiakan secara bisnis dengan penggunaan nama tersebut oleh Apple. Keresahan yang menjadi dasar gugatan tersebut adalah saat ini merek iCloud langsung diasosiasikan kepada Apple ketimbang iCloud Communications.

Dalam gugatan itu, Apple didesak mengehentikan penggunaan merek tersebut di semua perangkat maupun media promosinya. Selain itu, iCloud Communications juga menggugat sejumlah uang atas potensi kerugian yang sudah dialami akibat penggunaan merek iCloud oleh Apple. Tidak disebutkan berapa besar nilai tuntutan tersebut.

Bukan kali ini Apple mendapat gugatan soal penggunaan merek orang lain, nama iPhone dan iPad juga mengalami hambatan serupa. Bahkan penggunaan nama Apple sendiri mendapat gugatan tahun 1970-an oleh Apple Corp yang merupakan perusahana rekaman label Beatles.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar