Selasa, 14 Juni 2011

Wuih, Gaji Bos Nissan Lebih Tinggi dari Toyota

 CEO Nissan Carlos Ghosn tak cuma memimpin Nissan

Posisi Nissan Motor Company sebagai produsen mobil terbesar di Jepang berada di bawah Toyota. Namun, dalam urusan gaji, pegawai Nissan lebih tinggi sampai dua kali lipat dari Toyota. Fakta ini dibeberkan Bloomberg, Rabu (8/6/2011), saat menurunkan tulisan soal gaji para eksekutif Nissan.

Toyota, menurut Bloomberg, pada tahun fiskal 2010 membayar 1,6 miliar yen untuk total 38 direktur dan auditor perusahaan. Berarti, rata-rata per orang mengantongi 41 juta yen. Itu belum termasuk bonus yang dikeluarkan sebesar 340 juta yen meski hanya untuk 27 pimpinan (berarti masing-masing menerima 13 juta yen).

Sementara Honda harus menyisihkan 781 juta yen buat 25 pimpinan perusahaan (31 juta yen per orang). Adapun bonus dikucurkan total sebesar 372 juta yen (sekitar 15 juta yen per kepala).

Total penerimaan seorang petinggi Toyota 54 juta yen (per tahun fiskal, 41 juta yen + 13 juta yen) sangat jomplang dengan yang diterima Carlos Ghosn. Chief Executive Officer Nissan itu diperkirakan oleh Bloomberg mengantongi 891 juta yen (atau 11,2 juta dollar AS) pada tahun lalu. Sebagai perbandingan terdekat, CEO Ford Alan Mulally menerima gaji 27 juta dollar AS pada periode yang sama. Sayang, pendapatan CEO Toyota Akio Toyoda tidak diungkapkan.

Sementara itu, untuk periode tahun fiskal 2010 yang berakhir Maret 2011, tercatat rata-rata kompensasi, termasuk bonus untuk 14 direksi Nissan dan auditor, mencapai 126 juta yen (Rp13,4 miliar). Adapun rata-rata gaji sembilan eksekutif di Nissan di luar auditor naik 32 persen menjadi 186,4 juta yen (Rp19,8 miliar). Jadi kalau dirata-rata, bayaran setiap bos (level direktur) di Nissan Rp 2,2 miliar per tahun.

Pengumuman ini disampaikan Nissan dengan perolehan keuntungan 31 miliar yen dalam tiga bulan pertama 2011 (Januari-Maret), seiring peningkatan pasar mobil dunia yang mencapai 1,2 juta unit. Pada periode yang sama tahun ini Toyota mencatatkan keuntungan terkecil dalam 18 bulan terakhir, turun 12 persen menjadi 25 miliar yen.

"Kompensasi yang diberikan Nissan sepertinya banyak didorong pencapaian tiga bulan pertama 2011," ujar Satoru Takada, analis dari TIW Inc, seperti dilansir Bloomberg.

Nissan mengatakan, kompensasi yang diberikan kepada setiap direktur dengan melihat performa mereka dan penilaian lainnya. Selain gaji, Nissan berencana menambahkan uang saku tujuh pimpinannya 194 juta yen dalam bentuk saham perusahaan. Terkait dengan hal ini, juru bicara Nissan, Mitsuru Yonekawa, tutup mulut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar