Selasa, 31 Mei 2011

2010, Emisi CO2 Pecahkan Rekor Tertinggi





Menurut laporan International Energy Agency (IEA), lembaga internasional pemantau kebijakan terkait sumber daya energi, emisi karbon dioksida yang merupakan hasil pembakaran bahan bakar fosil mencatat angka tertinggi di tahun 2010 lalu.

Catatan itu mempersulit cita-cita dunia internasional untuk membatasi kenaikan temperatur global hingga 2 derajat Celcius.

“Menurut pengukuran terakhir, emisi karbon dioksida (CO2) terkait energi di 2010 merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah,” sebut Fatih Birol, Chief Economist IEA, seperti dikutip dari Independent, 31 Mei 2011.

IEA mencatat, setelah mengalami penurunan di tahun 2009 lalu yang disebabkan oleh krisis finansial global, jumlah emisi diperkirakan telah melonjak hingga 30 gigaton (Gt). Angka ini merupakan lompatan 5 persen dibanding rekor sebelumnya yang dipegang oleh tahun 2008. Ketika itu total emisi CO2 global mencapai 29,3 gigaton.

Lebih lanjut, IEA memperkirakan bahwa sekitar 80 persen emisi dari sektor energi di tahun 2020 sudah bisa dipastikan. Pasalnya, saat ini sejumlah pembangkit listrik sudah mulai dibangun.

“Peningkatan signifikan dari emisi CO2 dan kepastian akan hadirnya emisi tambahan akibat investasi di bidang infrastruktur merepresentasikan kemunduran serius terhadap harapan kita dalam membatasi kenaikan temperatur global agar tetap di bawah 2 derajat Celcius,” ucap Birol.

Sebagai informasi, tahun lalu, pada konferensi PBB seputar perubahan iklim di Cancun, Meksiko, para pemimpin dunia telah sepakat untuk mematok batas kenaikan temperatur global hanya maksimal 2 derajat Celcius.

Agar target ini tercapai, konsentrasi jangka panjang atas gas rumah kaca di atmosfir harus dibatasi hanya sekitar 450 parts per million atau hanya boleh naik 5 persen dibanding total 430 parts per million di tahun 2000 lalu.

Selain itu, IEA mengkalkulasikan, agar berhasil mencapai level tersebut, berdasarkan target emisi yang telah disepakati negara-negara untuk tahun 2020 mendatang, emisi global terkait energi tidak boleh lebih besar dari 32 Gt. Untuk itu, kenaikan emisi selama 10 tahun ke depan harus di bawah total emisi tahun 2009-2010 lalu.

“Temuan terakhir kami merupakan tanda peringatan. Dunia sudah semakin dekat dengan level emisi yang seharusnya tidak boleh dicapai sebelum tahun 2020 jika ingin mencapai target,” kata Birol. “Melihat sedikitnya ruang yang tersisa, jika tidak ada keputusan besar dan menentukan yang dibuat, maka sangatlah sulit untuk mencapai target yang ditetapkan di Cancun,” ucapnya.



sumber

Melongok Kokpit Lamborghini Aventador LP700-4

Lamborhini Aventador, tidak hanya sosok luar yang berubah, teknologi dan penampilan interior dan kokpit juga mengikut perkembangan teknologi terkini

Flag ship Lamborghini paling mutakhir, Aventador LP700-4 sudah banyak dibahas dan diulas penampilannya oleh berbagai media, mulai dari  online, cetak dan televisi sejak akhir tahun lalu. Lamborghini  juga sudah resmi memperkenalkan supersport mulai dari Geneva Motor Show awal Maret 2011, kemudian pada sebuah acara khusus “Made In Italy” di di Roma dan terakhir  Shanghai Auto Expo April lalu.

Kehebatan supersport car yang dijual 400.000 dolar atau sekitar Rp 3,42 miliar ini, juga sudah dibeberkan. Namun demikian belum banyak yang tahu, singkatan dari LP 700-4 . Ternyata LP adalah singkatan dari Longitudinale Posteriore: mesin dipasang memanjang di belakang jok.

Lantas 700, menunjukkan kemampuan mesin supersportcar ini menghasilkan tenaga 700 PS dan 4 adalah sistem gerak empat roda atau 4-wheel drive alias AWD (All-Wheel Drive). Kemampuan mesin menghasilkan torsi 690 Nm @5.500 rpm.

Sebenarnya, mesin Lambo belum terhitung canggih banget. Pasalnya, untuk memasok bensin ke mesin, belum memanfaatkan teknologi bensin injeksi langsung (GDI). Padahal, induknya,  Audi,  justru menggunakan teknologi tersebut.  Kendati demikian, menurut kepala R&D Lamborghini Autombile,  Maurizio Reggiani yang dikutip oleh online wsj.com, kemampuan komputer mesin mobil melakukan, setengah juta per detik. Hebat!

Kokpit Canggih
Sebagai mobil yang lahir pada tahun ini, Lamborghini  langsung menanamkan teknolgogi komunikasi (telematik), sistem hiburan dan elektronik secara on-board  (bawaan). Hasilnya, kabin, terutama kokpit sekitar pengemudi bekerja, sangat berbeda dibandingkan dengan Lamborghini sebelumnya. Terutama model yang digantikannya, Murcielago.
Interior Aventador bergaya masa kini!

Kini, konsol atau bagian tengah dari dashboard sudah membentang layar LCD TFT 7 inci yang bisa menayangkan berbagai informasi berfungsi sebagai multimedia. Karena itu pula, gadget masa kini, seperti iPod, koneksi USB, bluetooh dan sistem navigasi.

Ciri khas lain, begitu mesin dihidupkan melalui tombol start/stop, mobil langsung meninggi sehingga nanti bisa mencegah tersangkut pada polisi tidur atau jalanan yang tidak rata.

Teknologi masa kini yang dipasang pada mobil ini adalah bi-xenon, lampu siang LED, AC otomatik dengan sensor sinar matahari, sensor hujan untuk wiper, kaca spion luar yang disetel dan dilipat/dibuka dari dalam dengan menekan tombol.
Wajah kokpit Aventador, layar TFT 7 inci dan tombol-tombol digital di konsol tengah dan setir!

Sistem keamanan juga makin lengkap antara lain kantung udara dua tahap, kantung udara adaptif untuk penumpang, kantung udara untuk kepala dan dada, dan dengkul. Untuk memudahkan pengemudi, kini digunakan rem parkir elektronik yang disertakan dengan sistem anti-maling danimmobilizerautolock, sistem monitor tekanan ban, ABS, EBD, ASR, ESC, spoiler belakang dikontrol secara elektronik, kaliper rem hitam, transmisi manual dengan perpindahan otomatik 7-percepatan (disebut juga transmisi robot) dari Haldex.

Hasilnya, dengan gigi tiga saja mobil sudah bisa dikebut 160 kpj. Kehebatan lain, perpindahan gigi berlangsung dalam 50 milidetik. 
Performa lainnya - klaim pabrik – spektakuler, sprint dari 0 – 100 kpj (km/jam) hanya 2,9 detik dan kecepatan top 350kpj. Tak kalah hebat, kecepatan 300 km/jam bisa dicapai dalam 24 menit.

Tachometer Grafis
tak kalah menarik adalah tachometer dengan teknologi masa kini. Penampilan tetap bergaya jarum, namun menggunakan grafis animasi. Tachometer ini bekerjasampai putaran mesin 8.500 rpm, tampil dengan warna-warni cerah.
Tachometer Aventador tampil dengan teknologi grafis animasi. Tampil gaya,canggih dan moderen!

Sosok Aventador termasuk besar. Ini bisa dilihat dari dimensi: panjang 4.780 mm, lebar 2.030 mm (kaca spion lur tertutup), tinggi 1.136 mm (ceper sekali!), jarak sumbu roda 2.700 mm. Penampilan mobil makin gaya dengan ban Pirelli P-Zero Corsa, 22/35-19 di depan dan 335/30-20 di belakang.

Untuk mendukung kemampuannya yang galak tersebut, Lamborghini menyediakan tangki bensin berkapasitas 90 liter. Namun jumlah bensin sebanyak itu hanya bisa untuk menempuh jarak sekitar 500 km. Pasalnya, klaim Lamborghini, konsumsi bahan bakar mobil ini (kombinasi) 17,2 liter/100km atau 5,8 kpl  (km per liter)!




Panas Knalpot untuk Mengirit BBM


Dua pertiga - sekitar  66 persen – dari energi bensin dan solar yang dibakar di dalam mesin, terbuang dalam bentuk panas. Panas tersebut sebagian besar terbuang melalui  knalpot, sisa ke sistem pendingin (radiator).
Nah, seperti Kinetic Energy Recovery System (KERS) pada F1 atau rem regenaratif pada mobil hibrida, para ahli juga ingin “memulihkan” energi terbuang tersebut untuk dimanfaatkan kembali. Memang tidak mudah, namun para periset dari perusahaan energi dan juga produsen mobil berusaha melakukan.

TEGSeperti KERS dan rem regeneratif - energi kinetik diuban menjadi listrik – pada knalpot energi panas diubah menjadi listrik. Untuk mengubahnya, diperlukan bahan atau alat yang disebutthermoelectric generator (TEG). Problem utama yang dihadapi para ahli dan periset sekarang ini adalah materi dasar. Materi semikonduktor yang digunakan efisiensi masih sangat rendah dan harganya mahal. Inilah yang membuat, produsen mobil kurang tertarik mengembangkannnya.  

Kendati demikian, para periset saat sedang mencoba memasang prototipe pertama TEG untuk dipasang pada kendaraan komersial dan SUV. Kebutulan, materi atau alat tersebut dikembangkan oleh perusahaan independen, yaitu BSST di Irwindale, California. Perusahaan mobil yang mengembangkan sendiri TEG adalah General Motors (GM) dan BMW.

BSST berencana sudah bisa menghasilkan prototipenya yang akan dites pada BMW dan Ford pada tahun ini. Sedangkan GM mencobanya pada SUV Chevrolet.

Materi
BSST menggunakan material baru, yaitu bismuth telluride, terdiri dari tellurium yang langka dan bekerja hanya di atas 250 derajat celcius. Sedangkan bahan yang dibutuhkan bekerja pada 500 derajat celcius. BSST juga menggembangkan bahan termoelekrik lainnya, yaitu campuran hafniumdan zirconium yang bekerj  pada suhu tinggi dan efisiensi kerjanya mencapai 40 persen.

Para periset GM yang sedang memasang prototipe terakhir TEG - dinilai lebih menjanjikan – menyebut bahannya dengan “skutterudites”. Dijelaskan bahan ini lebih murah dari tellurides, kemampuan kerjanya juga lebih baik pada suhu tingi. Berdasarkan tes pada Chevrolet Suburban, alat Skutterudites terdiri dari campuran kobal arsenida (cobalt arsenide) dengan tambahan elemen langka seperti ytterbium. Menurut Gregory Meisner dari GM, kesulitan yang mereka hadapi adalah memadukan bahan tersebut menjadi kesatuan. Karena perbedaan sifat bahan menyebabkan kinerja akan menurun.

DiselipkanTantangan lain adalah cara memasang TEG di di mobil. Periset telah mencoba generator bismuth telluride pada SUV. “Sekarang pemasangan dilakukan dengan menyelipkannya ke knalpot. Knalpot dipotong, seperti memasang muffler. Kami perlu merancang alat yang menyatu pada sistem kendaraan dan bukan sebagai tambahan,” harap Meisner.

Dengan kondisi pengembangan sekarang, kedua perusahaan memperkirakan, untuk memproduksi alat tersebut dalam jumlah besar dengan harga terjangkau, masih membutuhkan waktu sekitar empat tahun lagi.




Mazda RX-9 Pinjam Teknologi Toyota


Mazda gencar mengembangkan teknologinya, termasuk juga model mobil generasi berikut RX-9. Konon, menurut laporan internasional, sportcar tersebut menggunakan mesin rotary yang menjadi khas Mazda dan pernah dipakai pada model RX3. Bahkan, jantung pacu ini pernah menjuarai lomba ketahanan Le Mans 24 jam tahun 1991 dengan Mazda 787B.

Hanya, mesin rotary pada RX-9 anyar ini ramah lingkungan alias hibrida, sedangkan motor listriknya dipinjam dari Toyota. Kedua prinsipal tahun lalu telah menandatangani kerja samanya. Namun, laporan dari majalah Motor Trend Amerika membocorkan bahwa dari Toyota hanya bagian dari motor listrik. Meskipun hibrida, RX-9 akan tetap memakai mesin bensin. Malah disebutkan, kemungkinan mesin rotary akan dilengkapi dengan teknologi KERS seperti di F1, yang fungsinya untuk mengisi baterai kala terjadi deselerasi.

Orang dalam Mazda membocorkan bahwa pihak perusahaannya lebih konsentrasi pada MX-5 dan teknologi SkyActiv yang diharapkan bisa mengurangi emisi gas buang sampai 30 persen. "Kita tahu apa yang harus kita lakukan. Kami ingin RX-9 sebagai level berikutnya dan sudah ada sekelompok orang bekerja di sana (RX-9). Sekarang ini prioritas pada generasi baru MX-5," begitu sebut sumber dari orang dalam Mazda.

Ia memaparkan soal proyek RX-9 yang terus terntunda itu, ada kemungkinan modelnya kupe dan mirip dengan Mazda RX-7 lawas. Desainnya mungkin dilihat dari konsep Mazda Shinari yang menawarkan garis tajam dan lipatan miring. Mazda RX-9 ini kemungkinan dirilis tahun 2013.



Ferrari Resmi Masuk India


Ferrari akhirnya memijakkan kakinya di India sekaligus menjadikannya pasar ke-58 di dunia dengan meresmikan dealernya di New Delhi, kemarin (26/5/2011). India dibidik karena termasuk salah satu pasar potensial.

Prosesi dilakukan langsung oleh Chief Executive Officer Ferrari Amedeo Felisha, Ferrari Commercial and Marketing Director Enrico Galliera, dan Ashish Chordia, Chairman of the Shreyans Group-Pemasar Ferrari dari India. Bahkan dua pembalap utama Ferrari di ajang F1, Fernando Alonso dan Felipe Massa menyampaikan pesan kepada tamu undangan dalam bentuk video, langsung dari Montecarlo.

"Peluncuran di India tahun ini sangat menyenangkan bagi kami, melihat dinamisnya negara ini dan ekonomi yang terus tumbuh. Saya merasakan hubungan yang kuat antara India karena sudah ada 50 konsumen di sini," jelas Amedeo Felisa. Ia menambahkan, Ferrari akan memasarkan semua model yang diproduksi ke India.
Selain meluncurkan jaringan penjualan, Ferrari sekaligus meresmikan pusat servis dan layanan purna jualnya. Untuk menggaet lebih banyak konsumen, sebuah makan malam mewah disiapkan mengundang tamu-tamu VIP India.




Siswa Tegang, tapi Optimistis....


Menurut pantauan Kompas.com ke beberapa lokasi di DKI Jakarta, pelaksanaan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis hari pertama, Selasa (31/5/2011), berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala berarti.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 24 Jakarta Rita Hastuti mengatakan, ujian tertulis di hari pertama SNMPTN adalah tes bidang studi dasar dan tes potensi akademik. Tes bidang studi dasar meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

"Semua berjalan lancar, tidak ada yang telat dan kartu ujian peserta juga tidak ada masalah," kata Rita kepada Kompas.com, Selasa (31/5/2011) siang di Jakarta. Secara terpisah, meski mengaku tegang dan sulit menjawab soal ujian, para siswa ternyata masih tetap optimistis dapat lulus SNMPTN dan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) yang dipilihnya.

"Tegang itu pasti, saya rasa peserta lainnya juga begitu. Soalnya lumayan sulit, tapi saya optimistis dan berdoa supaya lulus," kata Muhammad Haikal, siswa SMAN 78 yang mengikuti ujian tertulis di SMAN 24.
Sementara itu, Selly Oktaviana, salah satu siswa SMAN 49 Jagakarsa yang mengikuti ujian tertulis di SMAN 82, mengaku sangat siap mengikuti SNMPTN jalur ujian tertulis ini.

"Saya sudah melakukan persiapan sejak dua minggu lalu. Sebelumnya saya ikut jalur undangan, tapi tidak lulus. Mudah-mudahan ikut ujian tertulis bisa masuk," kata Selly. Adapun untuk pendaftaran jalur ujian tertulis, Selly mengaku tak mendapat kesulitan. Karena menggunakan sistem online, peserta hanya membeli PIN yang dibayarkan melalui bank. Setelah itu, ia mengisi formulir yang telah disediakan secara online.

"Langkahnya cukup mudah, kita beli PIN, kemudian bayar ke bank. Setelah itu mengisi formulir, baru mendapatkan nomor undangan SNMPTN atau kode pendaftaran," ujar calon mahasiswa yang memilih Program Studi Sistem Informatika di Universitas Indonesia dan Ilmu Statistik di IPB ini.



Situs "My Honda" Dijebol Hacker


Situs Honda Kanada dijebol hacker sehingga 283.000 data konsumen Honda dan Acura dicuri. Honda pun mengirimkan surat kepada pelanggannya untuk mewaspadai aktivitas pemasaraan yang mencurigakan.

Jerry Chenkin, Executive Vice-President and Chief Compliance Officer Honda Canada Incorporated, seperti dilansir thetruthaboutcars, Sabtu (28/5/2011), membenarkan bahwa mereka telah kehilangan data konsumen, yaitu nomor polisi, nama, alamat konsumen, vehicle identification number (VIN) mobil, dan beberapa nomor jaminan sosial. Hacker (peretas) mencuri data tersebut melalui situs My Honda dan My Accura.

Untuk menenangkan konsumen yang datanya telah dicuri, Honda segera memberikan informasi melalui saluran khusus. Kasus ini bukan kali pertama dialami Honda. Tahun lalu, sebanyak 4,9 juta data konsumen hilang di Honda Amerika Serikat dan peretas berhasil menggondol 2,2 juta nama, e-mail, dan informasi pemilik Honda serta 2,7 juta data nama dan e-mail pemilik Acura.



Hyundai Bali Punya Identitas Baru

Hyundai Gatot Subroto-Bali tampil sesuai standard corporate identity

PT Hyundai Mobil Indonesia meresmikan dealer Hyundai Gatot Subroto, Bali, Sabtu (28/5/2011), dengan identitas baru sesuai standar corporate identity, yang memiliki sarana dan prasarana 3S (Sales, Service, Sparepart). Jaringan layanan purnajual ini menjadioutlet keenam dari total 44 lainnya di seluruh Indonesia.

Peresmian jaringan di Bali ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Presiden Direktur HMI Jongkie Sugiarto dan Professor Philip Kotler—The Guru of Modern Marketing, didampingi oleh Wakil Presiden Direktur HMI Ichsan H Widyarta dan Hermawan Kartajaya dari MarkPlus Indonesia. HMI, melalui keterangan resmi Hyundai yang diterima Kompas.com, Minggu (29/5/2011), menyatakan, perubahan identitas ini merupakan cerminan dari kelanjutan visi dan misi perubahan perusahaan dengan konsep "Into Innovation".

Sejak pertengahan tahun lalu, HMI secara bertahap terus memperbarui identitas semua jaringan penjualannya di seluruh Indonesia dengan penambahan, perbaikan, dan penyesuaian tampilan ruang pamer dan bengkel, sesuai dengan Corporate Identity (CI) dan Showroom Identity (SI) standar global Hyundai.




Helm Arai Masih Terfavorit di Amerika


Helm Arai masih terfavorit di konsumen Amerika sesuai studi yang dilakukan oleh lembaga peneliti JD Power and Associates dengan tajuk "2011 US Motorcycle Helmet Satisfaction Study". Berarti, produk Jepang itu berhasil mempertahankan prestasi di AS selama 13 tahun berturut-turut menjadi merek helm paling memuaskan konsumen.

JD Power and Associates memberikan nilai tertinggi 1.000 poin dari 11 atribut yang diteliti dari sebuah helm. Kesebelas unsurnya meliputi kekedapan, ventilasi, kinerja de-fogging (pengilangan embun di kaca helm), kaca helm (saat menembus perisai angin), antigores (kaca helm), kemudahan mengganti busa, batok tahan gores, warna dan grafis, berat, kemudahan tali pengikat, dan kenyamanan saat digunakan.

Arai berhasil mencatatkan rata-rata nilai 852, di atas rata-rata nilai tertinggi yang pernah dicatatkan selama 13 tahun sebelumnya, yang cuma 788. Menurut JD Power, Arai berhasil mendapatkan nilai baik untuk 11 atribut penilaian, terutama kenyamanan saat digunakan dan perlindungan kaca helm dari angin.

Merek lain yang masuk dalam penelitian, seperti Icon (runner-up), berhasil memuaskan dalam hal desain dan grafis. Shoei, yang tahun lalu duduk di peringkat dua, harus tergeser ke posisi tiga meski nilai untuk atribut penggantian busa helm lebih baik dari tahun lalu.

Sementara itu, dalam studi ini juga ditemukan kebiasaan baru bagi pengguna sepeda motor di AS. Kecenderungan konsumen membeli helm melalui internet mengalami peningkatan signifikan. Tahun ini, porsi pembelian secara online tercatat 23 persen naik dibandingkan tahun sebelumnya yang cuma 20 persen. Selain itu, rata-rata harga helm juga meningkat dari 203 dollar AS pada 2007 menjadi 206 dollar AS (2009) dan tahun lalu 209 dollar AS.



Rokok Makin Mengancam Generasi Muda

Masalah kesehatan di Indonesia saat ini menghadapi pola penyakit baru.  Penyakit tidak menular terus meningkat akibat dipicu berubahnya gaya hidup masyarakat.  Gaya hidup yang dimaksud adalah pola makan rendah serat, tinggi lemak, serta penggunaan rokok atau tembakau yang kian meningkat.
Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih saat peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS), di kawasan Cibubur, Selasa (31/5/2011), memaparkan betapa rokok kini semakin mengancam generasi muda. 
"Di antara penduduk Indonesia yang umurnya di atas 15 tahun, 35 persen adalah perokok. Dan dari 10 anak laki-laki di atas usia 15 tahun, 6 sampai 7 orang di antaranya merokok," kata Endang dalam sambutannya.
Berdasarkan data Riskesdas 2010, prevalensi penduduk usia 15 tahun ke atas yang merokok setiap hari secara nasional mencapai 28,2 persen. Sedangkan berdasarkan  usia pertama kali merokok secara nasional, kelompok usia 15-19 tahun menempati peringkat tertinggi dengan prevalensi mencapai 43,3 persen, disusul kelompok usia 10-14 tahun yang mencapai 17,5 persen.
Menurut Endang, situasi lain yang lebih memprihatinkan adalah, bahwa ada 85,4 persen perokok aktif merokok di dalam rumah bersama anggota keluarga, sehingga dapat berakibat buruk terhadap kesehatan anggota keluarga lain khususnya anak-anak.
"Jadi, anak terpapar asap rokok atau sebagai perokok pasif. Anak-anak ini akan mengalami gangguan kesehatan seperti pertumbuhan paru lambat, mudah terkena bronkitis, infeksi telinga dan sebagainya," tegasnya.
Endang juga menyatakan bahwa rata-rata pengeluaran tumah tangga keluarga miskin untuk membeli rokok jauh di atas rata-rata pengeluaran untuk bahan makanan seperti protein, sayur atau yang lain.
"Jadi kalau orang itu punya uang, pertamakali yang dibeli adalah rokok. Tentu saja selain, tidak baik untuk dirinya sendiri, juga keluarganya," tegasnya.
Menkes menambahkan, lebih dari 43 juta anak Indonesia hidup serumah dengan perokok dan terpapar asap rokok atau sebagai perokok pasif.  Sebesar 37,3 persen pelajar dilaporkan terbiasa merokok, dan 3 di antara 10 pelajar pertama kali merokok pada usia di bawah 10 tahun.
Kondisi ini, menurut Endang, dikarenakan anak-anak dan kaum muda telah dijejali dengan ajakan merokok oleh iklan, promosi dan sponsor rokok yang sangat gencar. Sebagai perbandingannya Endang mengungkapkan, pembatasan iklan rokok di negara lain sudah dibatasi. Bahkan sudah ada yang total banned, artinya, tidak boleh sama sekali ada iklan atau sponsor rokok.
"Karena sudah tidak ada tempat di negara-negara lain, maka iklan-iklan rokok itu pun masuk ke Indonesia," terangnya.
Endang berharap, agar para generasi muda bersikap cerdas, dan melihat bahwa merokok tidak cool. "Yang cool adalah tidak merokok karena menyadari bahwa itu tidak sehat dan memperlihatkan bahwa generasi muda bertanggung jawab atas kesehatan dirinya," ujarnya.
Saat disingung soal sejauhmana upaya pemerintah dalam mengendalikan masalah kesehatan akibat tembakau, Endang mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai upaya di antaranya dengan mengembangkan berbagai regulasi pengendalian rokok, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Kesehatan no 36 tahun 2009.
"Kemudian kita juga kita sedang menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan. Mudah-mudahan RPP ini bisa cepat selesai menjadi Peraturan Pemerintah (PP)," pungkasnya.

619 Juta Dollar AS untuk Industri Komponen Otomotif Jepang


Untuk memulihkan industri komponen otomotif Jepang akibat gempa dan tsunami pada 11 Maret lalu, Bank Pembangunan Jepang (Development Bank of Japan/DBJ) yang didukung pemerintah menyediakan dana 619 juta dollar AS atau Rp 5,280 triliun. Target akhir dari rencana tersebut, industri otomotif yang sangat membutuhkan komponen tersebut baik di Jepang maupun di luar negeri bisa kembali berproduksi dalam kondisi normal.

Terputusnya rantai pasokan komponen otomotif merupakan bencana terbesar bagi Jepang setelah Perang Dunia II. Pemerintah Jepang menyadari bahwa peran perusahaan pemasok komponen sangat besar. Buktinya, begitu perusahaan menengah dan kecil tersebut tidak berproduksi karena pabrik dan perlengkapan kerja mereka rusak, produsen mobil besar, seperti Toyota, Nissan, dan Honda, produksinya tersendat.  

20.000 perusahaanMenurut CNN, yang mendapatkan laporan dari wartawannya di Tokyo, dana dari DBJ itu digunakan untuk membantu 20.000 perusahaan pemasok komponen sekaligus untuk menambah modal kerja mereka. Hanya saja, tidak dijelaskan kapan kepastian dana itu mulai dikuncurkan.

Dijelaskan pula, dana investasi tersebut tidak hanya untuk membantu perusahaan pemasok komponen memperbaiki kerusakan pabrik dan perlengkapan kerja, tetapi juga menggunakan teknologi baru, seperti cloud computing untuk membantu sistem produksi sekarang ini. Di samping itu, juga mencegah terjadinya hambatan produksi bila bencana lain terjadi.

Kendati demikian, muncul juga pertanyaan, apakah dengan bantuan ini perusahaan komponen tersebut akan memindahkan pabriknya keluar dari Jepang? Sumber lain mengatakan, sebenarnya sudah banyak perusahaan besar dan menengah produsen komponen Jepang punya pabrik di luar negara tersebut.

Dijelaskan, perusahaan tersebut memindahkan pabrik karena pertumbuhan Jepang yang makin lambat, nilai tukar yen yang semakin kuat, dan biaya energi bertambah mahal. Setelah gempa dan tsunami pada 11 Maret lalu, kecemasan produsen bertambah lagi karena bisa mengganggu investasi dan produksi mereka!

Dilaporkan pula, untuk menyalurkan bantuan tersebut, DBJ bekerja sama dengan The Japan Auto Parts Industries AsscociationSaat ini produsen mobil Jepang mengalami penurunan keuntungan yang sangat tajam. Problem lain yang yang juga mengancam adalah ketidakpastian pasokan listrik di kawasan Kanto, penyumbang 38 persen ekonomi Jepang dan berada di sekitar Tokyo.



ARM Bidik 50 Persen Pangsa Pasar Chip Mobile

Sejak smartphone dan tablet berkembang pesat, pangsa pasar chip berbasis ARM semakin tinggi. Bahkan, perusahaan yang bermarkas di Inggris itu optimistis bisa menguasai 50 pangsa pasar dalam lima tahun ke depan.
Presiden ARM Tudor Brown mengatakan, chip buatannya akan menguasai 50 persen pasar perangkat komputer mobile pada 2015. Menurutnya, prosesor berbasis ARM terus meningkat volume produksinya bahkan diperkirakan hingga 150 miliar unit pada 2020.
"Hari ini, kami menguasai sekitar 10 persen pangsa pasar. Pada akhir tahun 2011 kami yakin bisa menguasai 15 persen pasar seiring tumbuhnya tablet," ujar Tudor Brown, di sela-sela pameran akbar Computex 2011 di Taipei, Taiwan, yang digelar mulai Selasa (31/5/2011) hari ini dilansir situs web TG Daily.
Bahkan, ARM percaya diri untuk masuk ke parangkat berbasis Windows yang kini dikuasai Intel. Brown mengatakan, ARM akan mulai menawarkan royalti untuk embuat chip perangkat komputer dan tablet berbasis Windows mulai tahun 2012.
"Kalau ada potensi mengubah permainan, pasti terbuka untuk Microsoft. Bahkan, terbuka untuk pasar lebih besar dan membuatnya menjadi sistem operasi yang valid dan cocok untuk TV dan elektronika di otomotif," ujarnya.
Sejumlah analis dan industriawan memang telah menabuh genderang untuk memasuki era yang disebutnya post-PC atau pasca-PC. Munculnya smartphone dan tablet yang membawa pengalaman sekelas komputer ke perangkat mobile salah satu wujudnya. Komputer juga telah mulai terintegrasi ke TV bahkan mobil. 
Computex 2011 pun mengangkat tema pasca-PC menjadi fokus tahun ini. Banyak pimpinan perusahaan teknologi dan pengamat yang berbagi pemikiran mengenai tren tersebut di sela-sela pameran 31 Mei hingga 4 Juni 2011 di Taipei, Taiwan.


Jam Porsche Seharga Dua Mobil Menteri


Merek mobil Porsche, selain identik sebagai sportcar berkecepatan tinggi, juga tak bisa lepas dari gaya hidup. Untuk mendukung faktor terakhir ini, jam tangan Swiss Eterna meluncurkan produk baru edisi terbatas desain Porsche yang mulai dipasarkan di mal Dubai, Uni Emirat Arab. Harganya? 270.000 dollar AS atau Rp 2,3 miliar, cukup untuk membeli dua mobil menteri di Indonesia, yaitu Toyota Royal Crown seharga Rp 1 miliar-an.
Apa istimewanya? Bodinya terbuat dari emas 18 karat dan lingkaran pinggiran kaca menggunakan bahan titanium. 

Karena tampilannya bergaya sport maka talinya yang memakai bahan karet dirancang model tapak ban sport Porsche. Lalu, ada stopwatch dan lampu indikator hijau yang menandakan jam tetap bekerja dan merah menandakan mulai kehabisan tenaga. Karena jam ini menggunakan gaya kinetik sebagai tenaganya, tinggal pasang di pergelangan tangan maka ia akan mengisi kembali tenaga otomatis.

Jam ini menjadi mahal lantaran hanya diproduksi 50 unit di dunia dengan desain dan karakteristik yang berbeda. Baru dua unit dipesan dan salah satunya dibeli oleh jutawan pemilik perusahaan minuman ringan dunia.
"Orang ingin tampil unik dan berbeda. Mereka tak mau lagi bersosialisasi di jalan dan melihat orang lain menggunakan barang yang sama," jelas Wael al Takhin, General Manager Porsche Design di UEA, seperti dilansir autoevolution, Senin (30/5/2011).



Al Qaeda Merebut Kota Zinzjibar, Yaman


Lebih dari 200 orang bersenjata yang diduga anggota Al Qaeda merebut kota Zinzjibar, Yaman selatan setelah dua hari pertempuran seru dengan pasukan keamanan yang menewaskan 16 orang, demikian dikata seorang pejabat, Minggu (29/5/2011).
Oposisi Yaman menduduh Presiden Ali Abdullah Saleh telah membiarkan Zinzjibar, ibu kota provinsi Abyan jatuh ke tangan pasukan bersenjata yang diduga bersekutu dengan kelompaok Al Qaeda, dalam usaha mengendorkan dukungan internasional terhadap oposisi.

"Para gerilyawan Al Qaeda berhasil menguasai kota Zinzjibar... dan mengambil alih seluruh fasilitas pemerintah, kecuali markas besar brigade mekanik ke-25, yang dikepung gerilyawan," kata pejabat keamanan.

Puluhan keluarga lari ke arah Aden, kota utama di selatan, di antara mereka adalah Nazir Ahmed Said, yang mengemukakan kepada AFP ia lari karena kota itu telah dikuasai pasukan bersenjata yang mengaku dari kelompoki Al Qaeda.

"Sabtu pagi, pria-pria bersenjata itu menyuruh penduduk agar ke luar rumah melalui pengeras suara. Mereka juga memaksa warga membuka toko-toko mereka. Namun, banyak yang tidak menghuraukan imbauan mereka karena ketakutan," tambahnya.

Pejabat keamanan itu memperkirakan lebih dari 200 gerilyawan menyerang kota itu. "Sangat disesalkan pemerintah melakukan pembiaran. Para pemimpin di provinsi Abyan justru melarikan diri dari wilayah itu, sebelum pertempuran berkobar," katanya.

Ia termasuk di antara para pejabat keamanan terakhir yang meninggalkan kota itu. Lima tentara dan satu warga sipil tewas Jumat, kata dua pejabat keamanan lainnya sementara penduduk Zinzjibar mengatakan mereka menemukan 10 mayat tentara yang menambah jumlah korban tewas menjadi paling tidak 16 orang.
Dalam satu pernyataan, koalisi oposisi parlemen menuduh Saleh telah menyerahkan Zinzjibar kepada kelompok-kelompok bersenjata yang ia bentuk dan persenjatai untuk membuat takut pihak oposisi dengan menggunakan tangan Al Qaeda.

Saleh sejak Januari menghadapi protes-protes yang menuntut dia mundur setelah 33 tahun berkuasa. Saleh dalam hari-hari belakangan ini memperingatkan bahwa Al Qaeda akan mengambil keuntungan dari jatuhnya pemerintahnya. "Jatuhnya rezim itu berarti ambruknya persatuan dan republik ini," katanya.

"Jika rezim ini jatuh, Al Qaeda akan berkembang di provinsi-provinsi Hadramaut, Shabwa dan Abyan, dan situasi akan memburuk," katanya yang ditujukan pada Amerika Serikat dan Uni Eropa, yang selama ini dianggap sebagai "sahabat Saleh." Saleh adalah sekutu utama AS dalam memerangi cabang Al Qaeda di Yaman.



Iran Hadang Pesawat Merkel

Kanselir Angela Merkel yang juga Ketua Partai Uni Kristen Demokrat Jerman, saat di Brussels, 25 Maret 2011.


Pesawat yang membawa Kanselir Jerman Angela Merkel terlambat mendarat di New Delhi, India, Selasa (31/5/2011), gara-gara Iran menutup wilayah udaranya untuk dilewati Merkel. Terpaksa pesawat itu harus memutar melewati wilayah Turki hingga menghabiskan waktu dua jam. "Kami belum pernah mengalami hal seperti ini," kata Steffen Seibert, juru bicara Merkel. Meskipun demikian, Seibert menolak mengkritik Iran. Ia hanya menyebut insiden itu "tidak biasa".



Seorang wartawan Reuters yang ikut dalam rombongan Merkel di dalam pesawat mengatakan, Iran menarik hak pesawat Merkel melewati wilayah udaranya. Padahal, izin itu telah diberikan sebelumnya.
Setelah negosiasi yang berlangsung lebih dari satu jam serta melibatkan Pemerintah Turki dan Kementerian Luar Negeri Jerman, pesawat itu akhirnya boleh kembali ke jalur penerbangan semula, yakni melewati Iran menuju New Delhi.


Beberapa pejabat dalam delegasi Jerman menyebut insiden itu dengan "masalah koordinasi". Selain Merkel, dalam pesawat tersebut terdapat rombongan pengusaha dan wartawan. Sementara itu, pesawat lain yang mengangkut para menteri berhasil mendarat di India tanpa kesulitan. Merkel dan rombongannya dijadwalkan bertemu anggota senior Pemerintah India, Selasa, dalam pertemuan konsultasi Pemerintah Jerman-India.


"Awal perjalanan yang tak biasa," tulis Seibert melalui Twitter. "Iran menolak hak terbang pesawat Kanselir di atas wilayahnya untuk sementara. Pendaratan terlambat di Delhi," tambahnya. Pekan lalu, Uni Eropa secara tegas memperpanjang sanksinya terhadap Iran. Insiden ini terjadi setelah pertemuan para pejabat Iran dan India dalam upaya menyelesaikan macetnya pembayaran minyak senilai 12 miliar dollar AS (Rp 102 triliun) per tahun. Iran memasok 400.000 barrel minyak per hari ke India dan memenuhi 12 persen kebutuhan minyak negara itu.


Sebelumnya, Jerman mengizinkan India membayar minyak itu melalui Bank EIH yang bermarkas di Hamburg. Selama ini EIH menangani perdagangan internasional perusahaan-perusahaan Iran. Namun pada awal April lalu, India menghentikan pembayaran setelah melalui diskusi dengan Merkel. Sementara itu, EIH dikenai sanksi oleh Uni Eropa.



Ducati Yakin GP12 Lebih "Jinak"


Ducati yakin, motor baru 1.000cc untuk MotoGP musim depan akan lebih cocok dengan berbagai gaya dan tidak bakal ekstrem serta sulit untuk ditaklukkan, seperti halnya seri-seri terdahulu. Tim Italia tersebut optimistis, Desmosedici GP12 akan lebih "jinak".

Dua pebalap Ducati, Valentino Rossi dan Nicky Hayden, sudah mencoba prototipe GP12 di Jerez bulan lalu. Mereka berusaha menghilangkan mitos bahwa hanya Casey Stoner yang bisa meraih kemenangan secara konsisten dengan mesin tersebut. Bos Ducati, Vittoriano Guareschi, mengatakan, Rossi langsung terkesan dengan motor baru tersebut. Pasalnya, tenaga GP12 lebih bagus dan tak seliar GP11.

"Dia benar-benar menyukai mesinnya. Karakternya jauh lebih mudah untuk diatasi dan torsinya jauh serta tidak perlu ada banyak perubahan di sebuah tikungan tunggal untuk memiliki akselerasi yang baik. Dengan 1.000cc, setiap pengegasan terasa bagus," ujar Guareschi.

"1.000cc sangat menyenangkan dan sangat mudah untuk dikendarai dibandingkan dengan 800. Bagi saya, ini akan menjadi sebuah langkah besar untuk membuka pintu bagi para pebalap agar menjadi kompetitif. Motor 1.000cc tidak akan ekstrem seperti 800," ujarnya.

Memang, sepanjang sejarah Ducati di arena MotoGP hanya Stoner yang paling sukses karena menjadi juara dunia 2007. Pebalap Australia tersebut, yang musim panas lalu pindah ke Honda, menorehkan 23 kemenangan sejak memperkuat Ducati pada 2007 hingga musim lalu. Pada era 800cc, selain Stoner, tim yang bermarkas di Bologna itu juga hanya mencatat satu kemenangan ketika Loris Capirossi menang di GP Jepang.