Selasa, 28 Juni 2011

Berlian Dari Indonesia Ternyata Berlian Terbaik di Dunia


Berlian dari Indonesia mempunyai keunggulan-keunggulan lain dibandingkan dengan berlian dari luar negeri seperti karatnya dan kebersihannya. Sehingga saat ini sudah terkenal di dunia internasional, bahwa berlian Indonesia merupakan salah satu berlian yang terbaik di dunia.

Menurut Komisaris Utama My Diamond Indonesia (MDI), Anisa Afzal (Minggu 26 Juni 2011), mengungkapkan bahwa saat ini sudah banyak penggemar batu berharga dari Indonesia tersebut, khususnya di Eropa dan Asia. Selain karatnya yang tinggi, berlian dari Indonesia itu juga banyak motif dan jenisnya serta tidak dimiliki oleh berlain dari Negara lainnya.

Daerah penghasil utama berlian di Indonesia adalah Martapura, Kalimantan Selatan. Berlian-berlian dari daerah itu sudah diekspor ke luar negeri. Berlian dari Indonesia dapat bersaing dengan berlian luar negeri dan saat ini banyak negara yang mengaku bahwa berlian dari Indonesia itu dihasilkan dari negaranya.

Pada saat ini MDI sedang membuat legalisasi agar berlian dari Indonesia tersebut diakui penuh oleh dunia dan tidak ada lagi negara-negara yang mengakuinya. Di samping itu, pihaknya juga terus mempromosikan jenis berlian dari Indonesia di ajang internasional. 

Menurut Anisa, Indonesia merupakan negara yang sangat konsumtif dan banyak warganya yang pergi ke luar negeri untuk mencari perhiasan khususnya berlian. Namun sering tertipu oleh penjualnya seperti banyak warga yang pergi ke Belanda untuk membeli berlian dengan harga yang sangat mahal sekali. Kemudian ternyata setelah diteliti, berlian tersebut berasal dari Indonesia. Contoh seperti ini sudah banyak ditemui, mestinya mereka berpikir pada saat akan membeli, bahwa Belanda tidak mempunyai hasil tambang.

Berlian sebagai batu berharga terletak kepada kekerasannya dan ciri-ciri optic dan berlian Indonesia sudah memiliki mutu yang baik. Namun untuk membuat berlian yang lebih bermutu lagi perlu ditangani oleh pengrajin yang ahli. Dan untuk terus meningkatkan kualitas berlian dari Indonesia, saat ini MDI sedang membuat alat cutting berlian yang menggunakan green laser untuk membersihkan berlian tersebut dari benda atau partikel yang menempel. Sebagian pengrajin berlian sudah ada yang memilikinya tetapi kebanyakan mereka masih menggunakan alat yang manual atau masih seadanya.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar